Wednesday 28 October 2020

TEKNOLOGI MEMEGANG KENDALI DIMASA PANDEMI


Sumber: www.gurupenggerakindonesia.com


TEKNOLOGI MEMEGANG KENDALI DIMASA PANDEMI

Oleh. Yuliasman, S.Pd

 

Adanya virus Corona yang mewabah hampir merata di seluruh dunia termasuk Indonesia menjadi alasan ditetapkannya virus Corona menjadi sebuah pandemi global oleh WHO. 

Pandemi virus Corona yang lebih familiar disebut covid-19 (Corona Virus Disease 2019) berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan hal tersebut salah satunya ditindaklanjuti oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 yang isinya agar pelaksanaan proses belajar-mengajar dilakukan dari rumah atau yang sering disebut dengan pembelajaran jarak jauh atau daring. Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona demikian juga yang termaktub dalam (Kemendikbud 2020) tentang kegiatan proses belajar mengajar di perguruan tinggi yang harus dilaksanakan melalui perkuliahan secara daring dalam jaringan yang dulunya dilaksanakan secara tatap muka atau konvensional.

Masa pandemi Covid-19 memang mengejutkan kita semua dengan bagaimana cepatnya dan berbahayanya sebuah virus. Bagi sebagian orang, Covid-19 adalah petaka besar. Mereka kehilangan sumber penghasilan, kehilanggan pekerjaan, bisnis menjadi sepi karena orang-orang takut untuk bepergian, tetapi Covid-19 ini dapat menjadi blessing in disguise atau berkah yang terselubung bagi sebagian orang. Berkah ini bukanlah rejeki nomplok yang datang entah dari mana, tetapi dari usaha dan kreativitas orang-orang. Berbagai macam cara dilakukan agar tidak terjebak kebosanan dan rutinitas yang monoton di masa Work from Home atau Study from Home ini. Kondisi tersebut sangat diuntungkan dengan era 4.0 yang telah mendekatkan masyarakat dengan teknologi digital sehingga dapat memudahkan fase transformasi dari konvensional menjadi daring. hal ini dikuatkan oleh penelitian (Zhang et,. Al 2004) bahwa pemanfaatan internet dan teknologi multimedia dapat memudahkan merombak metode transfer pengetahuan dan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas tradisional, sehingga dapat dikatakan bahwa cara atau bentuk pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital adalah pembelajaran dari yang merupakan solusi pada masa Pendem covid-19. Menurut (Moore, Dixon Deane and Galyen,  2011) bahwa pembelajaran daring memiliki kekuatan tantangan dan hambatan tersendiri pembelajaran dari merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas konektivitas fleksibilitas dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa tetap membawa dampak positif maupun negatif.

Sumber: Dokumen Pribadi

Perkembangan ilmu dan teknologi merupakan salah satu produk dari manusia yang terdidik dan pada gilirannya masa-masa itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat dan bukan menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi sendiri mendalami serta mengambil manfaat dari perkembangan ilmu dan teknologi tidak mungkin dilakukan oleh manusia dengan kadar dan waktu yang sama keterbatasan manusia dan waktu menuntut adanya spesialisasi yang semakin menajam.

Masyarakat Indonesia sekarang ini dan dunia di masa yang akan datang merupakan masyarakat yang berbudaya teknologi yaitu bahwa perkembangan teknologi telah berlangsung sedemikian rupa hingga tersebar luas dan mempengaruhi segala bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan oleh karena itu teknologi perlu digunakan secara lebih bermakna berdaya guna dalam bidang pendidikan kearah terwujudnya amanat Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Teknologi secara bahasa asal katanya techne bahasa Yunani dengan dengan makna seni kerajinan tangan atau keahlian teknologi bagi bangsa Yunani kuno diakui sebagai suatu kegiatan khusus dan sebagai pengetahuan. Teknologi telah menjadi bagian integral dari tiap kehidupan masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu pada zaman batu pun telah ada teknologi yang digunakan untuk membangun piramida membangun candi Borobudur untuk membuat api dan sebagainya makin maju suatu budaya makin banyak yang makin canggih teknologi yang ditemukan dan digunakan bahkan ada diantara kita yang berpendapat bahwa teknologi telah merupakan jawaban atas semua masalah sebaliknya banyak juga di antara kita yang berpendapat bahwa teknologi merupakan sekedar alat yang tidak ada maknanya kalau tidak digunakan kedua pendapat ini tidak tepat karena tidak ada suatu pun obat teknologi yang dapat mengatasi si segala macam penyakit masalah kecuali itu tidak ada teknologi yang diciptakan hanya untuk sesuatu makna dan orang tertentu karena diciptakan itu merupakan suatu bagian dari rangkaian atau sistem tertentu.

Guru berperan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dalam hal ini guru harus mengajar dengan profesional yang mampu menyuguhkan suatu pengajaran yang menarik artinya guru harus mampu memilih metode pengajaran dan menentukan media dan sumber belajarnya. Dengan kemajuan teknologi sekarang guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran untuk itulah dibutuhkan teknologi pendidikan tuntutan masyarakat yang makin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pendidikan tidak mungkin lagi di kelurahan dikelola hanya dengan melalui pro tradisional pemanfaatan teknologi pendidikan untuk kegiatan pendidikan itu sangat perlu.

Banyak perubahan yang saya rasakan selama pandemi Covid-19, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak biasa menjadi terbiasa, itulah yang saya rasakan dan mungkin juga kawan-kawan sesama guru yang lain bahkan juga siswa. Sebelum pandemi Covid-19 hadir yang mana pembelajaran masih bersifat konvensional belum terpikir bagaimana memanfaatkan teknologi dan mengajarpun masih dengan cara yang jadul dengan konsep pembelajaran klasik dan tidak mau melirik. Akhirnya setelah Corona datang dan menjadi wabah diseluruh dunia merubah paradigma para guru dan tentunya diri penulis sendiri, salah satunya guru harus bersahabat dengan teknologi.

Banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan, baik model dan gaya mengajar, bahkan dalam proses pembelajaran itu sendiri baik luring maupun daring. Alhamdulilah...Teknologi bisa menjawab semua tantangan yang terjadi dan itu nyata dan benar-benar terjadi. Perubahan yang penulis rasakan sangat luar biasa diantaranya bisa memanfaatkan berbagai jenis aplikasi yang berkaitan dengan teknologi terkini. Sebagai pendidik yang pantang, saya sangat terbantu dalam beberapa pelatihan online yang diselenggarakan dari berbagai kanal pelatihan guru maupun umum selama pandemi Covid-19 melanda. “ Proses tidak menghianati hasil “ ungkapan ini selalu saya patri dalam diri saya sendiri karena pada masa sekarang ini proses untuk menjadi guru yang melek dan terbiasa dengan penggunaan IT (Informasi dan Teknologi) harus senantiasa mau meluangkan proses pembelajaran, karena latar belakang saya sendiri bukan dari jurusan IT.

Kunci keberhasilan pembelajaran online pada masa pandemi menurut penulis:

1.    Kemampuan guru  menguasai teknologi

Tak dipungkiri lagi, teknologi menjadi hal wajib yang harus dikuasai oleh guru untuk bisa menjalankan pembelajaran online, teknologi menjadi sebuah media perantara agar pembelajaran bisa berlangsung.

2.    Persiapan materi

Seorang guru harus menguasai kompetensi sesuai bidang yang ia geluti.

3.    Membuat jadwal pembelajran yang terencana

Guru yang bijak selalu menyajikan pembelajaran terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu.

4.    Selalu membuat inovasi dalam pembelajaran

Baik pembelajaran daring maupun online tidak terlepas yang namanya inovasi, Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna.

Seorang guru pantang menyerah dengan situasi, guru yang tidak paham teknologi bisa belajar penggunakan pemanfaatan teknologi dengan banyak-banyak belajar. Sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda yang telah dikobarkan oleh para pejuang kita yang terdahulu, guru yang baik merupakan guru yang bisa menjadi “ agent of change “ bagi siswa-siswinya.

Terakhir saya lampirkan kata-kata bijak yang mengandung banyak makna, agar kita semua senantiasa semangat.

"Tetaplah semangat walau dalam kondisi sulit."

 "Masa sulit menghasilkan hadiah terbesarmu.”  Robin Sharma

"Masa-masa sulit menimpa semua orang. Apa pun itu, kita akan keluar dari masa sulit itu."  Mike Tyson

#PGRI, #KOGTIK, #EPSON, dan #KSGN

Mari berkunjung di  http://gurupengerakindonesia.com

***

PROFIL PENULIS

Yuliasman, S.Pd


Dilahirkan di Muara Sabak, Provinsi Jambi, pada tanggal 01 Januari 1983. Anak kedua dari lima bersaudara, putra dari bapak Joharis Rason dan Harniwati. Menempuh pendidikan di SDN 032 Batam (lulus tahun 1995), SMPN 6 Batam (lulus tahun 1998), SMKN 1 Batam  (lulus tahun 2001), S1 Pendidikan Sejarah Universitas Riau Kepualauan (lulus tahun 2013). Penulis adalah guru di SMA Negeri 16 Batam Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki hobi kuliner dan traveling. Mempunyai cita-cita hidup bisa berguna untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Kunjugi penulis di:

Blog: https://yuliasmanofficial.blogspot.com

FB: Yuliasman

IG: yulias_man

Email : yuliasman874@gmail.com

1 comment:

  1. Tulisanx keren pak, yang bermasalah dalam pembelajaran masa pandemi ini , khusus pembelajaran daring adalah guru yg gaptek, sukses sll pak

    ReplyDelete

KONSEP DASAR SEJARAH

Asal Kata dan Arti Kata serta Istilah Sejarah Dari manakah asal kata sejarah itu? Perkataan sejarah mula-mula berasal dari bahasa Arab “syaj...

Postingan Populer