Thursday 5 November 2020

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI


 

Pengertian transportasi


Teknologi transportasi adalah sebuah teknologi yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan

 menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia ataupun mesin, lalu transportasi sendiri digunakan dan diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.  perkembangan transportasi dari masa ke masa terus bergerak perlahan. Bahkan terus berevolusi secara sedikit demi sedikit. Dulunya, moda transportasi dibantu dengan pemanfaatan hewan untuk perjalanan di darat dan penggunaan rakit untuk perjalanan yang melintasi sungai.

Perkembangan transportasi setelah jaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi berkembang sangat cepat demikian juga penggunaan transportasi berjalan dengan sangat cepat, dimulai dengan penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin dengan pembakaran dalam. Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi sistem transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang kemudian menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Di transportasi laut penemuan yang spektakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nuklir, banyak digunakan untuk kapal selam.

 

1.          Sejarah perkembangan transportasi darat

masa nya era teknologi di jaman dahulu manusia menggunakan hewan sebagai alat transportasi untuk berpindah ke satu tempat ke tempat lainnya, khusus nya transportasi darat hingga roda diciptakan pada kisaran tahun 3500 SM "Menurut laman ancient-origins, Roda tertua yang ditemukan dalam sebuah penggalian arkeologi berasal dari Mesopotamia" lalu gerobak diciptakan untuk memudahkan manusia mengangkut atau memindahkan barang. Hingga pada tahun 1662 Blaise Pascal, menciptakan bus angkutan umum pertama. Di mana bus tersebut memanfaatkan Kuda.

Transportasi zamna klasik

Pada zaman dahulu masih menggunakan alat transportasi yang sederhana. Untuk penggunaan alat transportasi darat pada masa itu masih menggunakan pedati, delman dan juga kuda. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Jenis-jenis transportasi darat

Karena penggunaan alat transportasi yang masih tradisional maka waktu tempuh pun sangat lama dan juga terbatas. Pada zaman dahulu kendaraan tersebut dilakukan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Mungkin sekarang masih ada beberapa masyarakat yang menggunakannya namun sudah sangat jarang.

 

Kemudian muncullah sepeda pertama yang tidak memiliki pedal atau kayu. Setelah itu seseorang yang berasal dari Skotlandia menemukan pedal atau kayu pertama untuk sepeda di roda belakang. Pada masa itu sepeda merupakan alat transportasi yang sudah cukup modern.

Transportasi semakin mengalami kemajuan dan terus berinovasi, hingga sekira pada tahun 1769, mulailah kendaraan roda empat atau mobil pertama di kenalkan pada dunia. Di mana mobil tersebut digerakkan dengan mesin uap. Hingga memasuki tahun 1801, Lokomotif Uap pertama ditemukan Richard Trevithick dan disempurnakan George Stephensen. Berselang 57 tahun atau sekira 1858, mobil pertama yang digerakkan mesin pembakaran dalam.

Lokomotif pada tahun 1936

Belanjut dengan munculnya Omni Bus yang di kemukakan oleh George Shillibeer di kota London pada tahun 1829. Omni Bus adalah kendaraan mirip gerbong beroda besar dengan pintu masuk di belakang, Model Omni Bus ini kemudian menyebar ke kota besar lain, seperti New York dan Paris pada tahun 1830-an.

 

2.             Sejarah perkembangan transportasi laut

Perkembangan transportasi air nggak lepas dari penemuan mesin uap oleh James Watt. James Watt telah menginspirasi Robert Fulton, yang membuat kapal uap pertama, dengan nama "Clermont". Penemuan kapal uap dapat memudahkan banyak orang menyeberangi lautan.

 

Kapal uap Clermont 

    Selain kapal uap, ada pula kapal selam, yaitu kapal yang bergerak di bawah permukaan air yang umumnya untuk kepentingan militer. Sejarah kapal selam berawal sejak tahun 1500 masehi dan mulai muncul pada abad ke-19. Penemu kapal selam adalah Cornelis Drebbel. Kapal selam mulai terkenal sejak digunakan pada Perang Dunia I.

    Bukan hanya di darat saja, namun di laut juga memiliki alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat. Namun pada saat itu masih menggunakan alat transportasi yang terbatas yakni hanya dengan perahu dayung yang dirakit. Perahu tersebut digunakan dengan bantuan tenaga manusia.

 

    Ada juga perahu layar pada masa itu, yang digerakkan dengan bantuan tenaga angin. Hal itu pun bisa menyebabkan memakan waktu yang lama. meskipun begitu alat transportasi itu tetap digunakan untuk mengangkut barang dari satu pulau ke pulau lainnya.

 

Jenis-jenis transportasi air/laut

    Muncullah mesin diesel yang bisa menggerakkan kapal yaitu mesin uap. Ada juga dengan menggunakan tenaga nuklir kapal tersebut bisa digerakkan. Pada tahun 1840 mulai dipakai baling-baling yang berada di belakang kapal dan juga berada di dalam air.

 

3.             Sejarah perkembangan transportasi udara

Penemuan mesin bagi mobil membuat manusia ingin terus berinovasi, hingga akhirnya lahirlah teknologi mesin terbang.

    Cikal bakal transportasi udara yang ada saat ini dimulai dari sebuah balon udara. Pada tahun 1782, Joseph dan Jacques Etienne berhasil menerbangkan balon udara setinggi 300 meter untuk pertama kali. Pada masa itu balon udara bisa terbang karena diberi udara panas yang berasal dari hidrogen yang dibakar. Namun hal itu sudah tidak dilakukan lagi karena akan memicu terjadinya kebakaran. Sehingga balon udara di zaman sekarang sulit ditemukan dan hanya ada pada waktu-waktu tertentu seperti acara festival.

Balon udara pada 1930-an digunakan sebagai alat transportasi komersial,



pesawat terbang Wright Bersaudara(Shutterstock) pada percobaab penerbangan awal

      Setahun setelah itu, Etienne bersaudara menaikkan bebek, domba, dan ayam ke balon udara yang berhasil terbang setinggi 500 meter. Balon udara kemudian berkembang hingga bisa membawa manusia sebagai penumpang.

        Pada tahun 1868, Momen yang bersejarah untuk dunia penerbangan dan perkembangan teknologi pesawat udara pada tahun 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron sistem yang dia buat tersebut dioprasikan dengan tangan atau secara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat alat pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap dan cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pada tahun 1864. Walaupun sistem kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi namun karena dia dan semua orang pada saat itu kurang paham dengan akspek aerodynamics sehingga pesawat yang dia rancang tidak pernah berhasil terbang.

        Pada tahun 1903, untuk pertama kalinya Orvile dan Wilbur Wright terbang dengan pesawat biplane. Sejak kecil memang kedua saudara tersebut menaruh perhatian lebih kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melakukan penerbangan pertama di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yang telah dilengkapi dengan mesin berbahan bakar bensin selama 12 detik danmenempuh jarak 37 m.

        Belum puas dengan mesin pesawat yang dirancang Wright bersaudara, tepat pada tahun 1905 seorang insinyur bernama Henri Conda dari Rumania mengembangkan mesin pesawat jet. Prinsip kerja mesin jet yang diterapkan pada pesawat adalah menghisap udara dari bagian depan mesin dan mengeluarkannya dengan laju tinggi dari bagian belakang mesin. Barulah pada abad ke-20, pesawat berukuran besar seperti Airbus dan Boeing mulai digunakan untuk penumpang.

Silahkan isi Absen dibawah ini :

👇

ABSENSI

Setelah mempelajari materi, silahkan dikerjakan kuis sesuai materi :

                 KUIS SEJARAH TRANSPORTASI

94 comments:

  1. Kaintan 12 ips 5 (HADIR PAK)

    ReplyDelete
  2. Mitha puspita sirait (XII IPS 2) Hadir pak

    ReplyDelete
  3. Rena Aswa Syura (XII IPS 1) Hadir pak

    ReplyDelete
  4. Tria resinta 12 Ips 5(Hadir Pak)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Eva Kristina
    XII IPS 5
    Hadir pak

    ReplyDelete
  7. Tobernakhel Owen Pardosi
    XII IPS 1
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  8. Iyolanda Tasya Simanjuntak
    XII IPS 2
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  9. Grace Nita Sinaga
    XII IPS 2
    hadir pak

    ReplyDelete
  10. Naldooktavianus. S
    XII IPS 5
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  11. Agnes Novia Hadir pak XII IPS 2

    ReplyDelete
  12. Febri Valentina
    12 ips 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  13. Andre Samjani Ambarita
    12 IPS 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  14. Andre Samjani Ambarita
    22 IPS 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  15. ArdianusP.Sianturi
    12 IPS 6
    Hadir pak

    ReplyDelete
  16. Yayuk Febriani
    XII IPS 2
    Hadir pak

    ReplyDelete
  17. Nadia Handayani Siringo-ringo
    XII IPS 6 (1)
    Hadir pak✔️

    ReplyDelete
  18. Naoumi Threcia Amanda
    XII IPS 1
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  19. Bintang Harjanto
    XII IPS 1
    HADIR pak

    ReplyDelete
  20. Sagita Lestari Putri
    XII IPS 2
    Hadir pak

    ReplyDelete
  21. Permata Faizah K.P
    XII IPS 2
    Hadir pak

    ReplyDelete
  22. Putri Rizki Angeli Isni
    XII IPS 1
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  23. Lutfi Rafi Nur Rahmah 12 IPS 1 hadirr pak

    ReplyDelete
  24. Kasih natalia
    XII IPS 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  25. Kasih natalia
    XII IPS 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  26. Inka Saragih
    XII IPS 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  27. Risda Hartati ( 12 IPS 1 ) Hadir pak

    ReplyDelete
  28. Greic margaretta XII IPS 6² hadir pak

    ReplyDelete
  29. Shinta Yosefin Sihombing
    12 IPS 1
    Hadir Pak✔️

    ReplyDelete
  30. Setiya Budi Utama
    XII IPS 2
    Hadir pak

    ReplyDelete
  31. Erwin Manullang hadir pak
    Kelas XII IPS 6

    ReplyDelete
  32. Roky parulian tampubolon XII IPS 2 -HADIR PAK

    ReplyDelete
  33. Erawati Pangaribuan XII IPS 6 (2)
    Hadir pak 😊

    ReplyDelete
  34. Nama : Sthevanie Situmorang
    Kelas : XII IPS 6(5)

    ReplyDelete
  35. Silvia Mutiara
    XII ips 5
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. YOLANDO SIAHAAN ( XII IPS 1 )
    -HADIR

    ReplyDelete
  38. Artika Sari (XII IPS 1)-HADIR

    ReplyDelete
  39. Dhea Putri Arnetha - XII IPS 2 ( hadir pak )

    ReplyDelete
  40. Priscilla Catiusca Isabel
    (XII IPS 2),
    HADIR

    ReplyDelete
  41. Adilla Aulia
    XII IPS 5
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  42. Mersy Ayunda Putri
    XII IPS 2
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  43. ADILLA AULIA
    XII IPS 5
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  44. SUSANA SIANARI BANGUN
    XII IPS 6
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  45. Lovi Gustini Padang
    XII IPS 5
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  46. Mersy Ayunda Putri
    XII ips 2
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  47. Diva Adinda Putri Davima6 November 2020 at 10:16

    Diva Adinda Putri Davima (XII IPS 6)
    HADIR pak

    ReplyDelete
  48. Lova Gustina Padang
    XII IPS 5
    Hadir pak

    ReplyDelete
  49. Agnes Belinda Sihombing
    XII IPS-5
    Hadirr Pakk.

    ReplyDelete
  50. Aldi Nicholas Reguel Marpaung
    XII IPS-5
    Hadir Pak.

    ReplyDelete
  51. Celia dwi Maharani Halawa
    12 IPS 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  52. Gading Daffa Aziz Khoiri
    XII IPS 1
    Hadir pak.

    ReplyDelete
  53. M.Rizki Alfalyandy
    12 ips 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  54. INTAN Titania 12 IPS 2 hadir

    ReplyDelete
  55. Imel Cahaya
    XII IPS 5
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Natasya simatupang
    XII ips 6(1)
    Hadir pak

    ReplyDelete
  58. Airlangga Ryan Virgiawan XII IPS 2 Hadir pak

    ReplyDelete
  59. Tumaidana Simangunsong
    XII IPS 5
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  60. Elisa patrycia sirait
    Kelas: Xll ips 5
    Hadir pak

    ReplyDelete
  61. Nama Bayu Febriyanti Sirait
    Kelas XII IPS 5
    HADIR PAK

    ReplyDelete
  62. Gita Hayati Tusadiah
    12 IPS 2 hadir pak

    ReplyDelete
  63. Juwita Sari P
    12 IPS 2 Hadir pak

    ReplyDelete
  64. Fadila Al Husna 12 ips 6 hadir pak

    ReplyDelete
  65. Dina Oktapina XII IPS 1 HADIR PAK

    ReplyDelete
  66. Def Patiwaga Tarigan XII IPS 5 hadir

    ReplyDelete
  67. Amrulloh Hakim XII IPS 1 hadir pak

    ReplyDelete
  68. Elshadai Marbun
    12 IPS 2
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  69. Mawar Juwita
    XII IPS 6
    Hadir pak

    ReplyDelete
  70. Uyun nafiah
    Xll ips 5
    Hadir pak

    ReplyDelete
  71. Ingrid salsa bila
    XII IPS 5
    Hadir pak

    ReplyDelete
  72. Intan Rebecka
    XII ips 2
    Hadir pak

    ReplyDelete
  73. Mersy Ayunda Putri - XII IPS 2 hadirpak

    ReplyDelete
  74. ArdianusP.Sianturi
    12 IPS 6
    Hadir

    ReplyDelete
  75. Lova Gustina Padang
    XII IPS 5
    Hadir pak

    ReplyDelete
  76. Lovi Gustini Padang
    XII IPS 5
    Hadir Pak

    ReplyDelete

KONSEP DASAR SEJARAH

Asal Kata dan Arti Kata serta Istilah Sejarah Dari manakah asal kata sejarah itu? Perkataan sejarah mula-mula berasal dari bahasa Arab “syaj...

Postingan Populer