Monday 9 November 2020

MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA


A) Teori masuknya Agama dan Kebudayaan Hindu dan Buddha di Indonesia

Teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia yang dikemukakan para ahli sejarah umumnya terbagi menjadi 2 pendapat. Pendapat pertama menyebutkan bahwa dalam proses masuknya kedua agama ini, bangsa Indonesia hanya berperan pasif. Bangsa Indonesia dianggap hanya sekedar menerima budaya dan agama dari India. Ada 3 teori yang menyokong pendapat ini yaitu teori Brahmana, teori Waisya, dan teori Ksatria. Pendapat kedua menyebutkan bahwa banga Indonesia juga bersifat aktif dalam proses penerimaan agama dan kebudayaan Hindu Budha. Dua teori yang menyokong pendapat ini adalah teori arus balik dan teori Sudra.

1)   Teori Brahmana oleh J.C. van Leur

Teori Brahmana adalah teori yang menyatakan bahwa masuknya Hindu Budha ke Indonesia dibawa oleh para Brahmana (golongan pemuka agama) di India. Dasar teori ini adalah prasasti-prasasti peninggalan kerajaan Hindu Budha di Indonesia, yang mayoritas menggunakan huruf Pallawa & Bahasa Sanskerta.

2)   Teori Waisya oleh NJ. Krom

Teori Waisya menyatakan bahwa terjadinya penyebaran agama Hindu Budha di Indonesia adalah berkat peran serta golongan Waisya (pedagang) yang merupakan golongan terbesar masyarakat India yang berinteraksi dengan masyarakat Nusantara. Dalam teori ini, para pedagang India dianggap telah memperkenalkan kebudayaan Hindu dan Budha pada masyarakat lokal ketika mereka melakukan aktivitas perdagangan.

3)   Teori Ksatria oleh C.C. Berg, Mookerji, dan J.L. Moens

Menurut teori ini, penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia dilakukan oleh golongan ksatria. Dalam teori ini, sejarah penyebaran Hindu Budha di kepulauan Nusantara tidak bisa dilepaskan dari sejarah kebudayaan India pada periode yang sama. Seperti diketahui bahwa di awal abad ke 2 Masehi, kerajaan-kerajaan di India mengalami keruntuhan karena perebutan kekuasaan. Penguasa kerajaan-kerajaan yang kalah perang pada masa itu diidentifikasi telah melarikan diri ke Nusantara.

4)   Teori Arus Balik oleh F.D.K Bosch

Teori ini menjelaskan bahwa penyebaran Hindu Budha di Indonesia terjadi karena peran aktif masyarakat Indonesia di masa silam. Menurut Bosch, pengenalan Hindu Budha pertama kali memang dibawa oleh orang-orang India kepada orang Indonesia, yang kemudian orang-orang tersebut tertarik untuk mempelajari kedua agama ini secara langsung dari negeri asalnya, India. Mereka berangkat dan menimba ilmu di sana dan ketika kembali mereka kemudian mengajarkan apa yang diperolehnya pada masyarakat.

5)  Teori Sudra oleh van Faber

Dalam teori ini, penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia diawali oleh para kaum Sudra atau budak yang bermigrasi ke wilayah Nusantara. Mereka menetap dan menyebarkan ajaran agama mereka pada masyarakat pribumi hingga terjadilah perkembangan yang signifikan terhadap arah kepercayaan mereka yang awalnya animisme dan dinamisme menjadi percaya pada ajaran Hindu dan Budha. Menurut sebagian sejarahwan, proses masuknya Hindu-Budha ke Indonesia merupakan bagian yang kontroversial karena tidak ditemukannya secara pasti bukti kedatangan agama tersebut. Menurut bukti-bukti sejarah, Islam telah ditemukan berkembang begitu saja di Indonesia. Oleh sebab itu, Teori-teori kedatangan HinduBudha banyak yang tidak dijelaskan secara detail oleh guru kepada peserta didik.

B) Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia




Perkembangan Agama Hindu dan Budha yang terjadi sejak awal abad ke-2 Masehi, telah berpengaruh terhadap beberapa aspek kehidupan masyarakat Nusantara pada masa itu. Pengaruh tersebut bahkan masih dapat dilihat dan dirasakan hingga saat ini, baik itu pengaruh yang mutlak berasal dari ajaran dan kebudayaan Hindu-Budha ataupun pengaruh yang berasal dari akulturasi budaya India dengan budaya lokal di masa itu. Pengaruh itu terjadi dalam sejumlah bidang, di antaranya:

  1)    Bidang Agama

Semula masyarakat Indonesia menganut kepercayaan animisme dan dinamisme, namun karena masuknya ajaran Hindu dan Budha yang dibawa oleh para pedagang dan pendeta, kepercayaan animisme dan dinamisme yang dianut oleh masyarakat Nusantara tempo dulu kemudian melebur dan berakulturasi dengan ajaran agama Hindu-Budha. Kebudayaan baru dalam hal beragama yang berasal dari akulturasi ini contohnya adalah upacara pemujaan, tata krama tertentu, dan bentuk tempat peribatan.

 2)    Bidang Politik dan Pemerintahan

Sistem politik dan pemerintahan yang diperkenalkan oleh orang-orang India dan membuat masyarakat yang awalnya hidup dalam kelompok-kelompok kecil menjadi bersatu dan membentuk sebuah kekuasaan yang lebih besar dengan pemimpin tunggal yang berupa seorang raja. Karena pengaruh inilah, beberapa kerajaan Hindu Budha seperti Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Tarumanegara, dan Kutai, bisa muncul di Nusantara.

 3)    Bidang Arsitektur

Tradisi megalitikum peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia yang berupa punden berundak juga diyakini telah berakulturasi dengan ilmu arsitektur yang berasal dari India karena terdapat perpaduan dalam gaya arsitektur pembangunan candi di Nusantara. Contohnya bisa dilihat dari arsitektur Candi Borobudur yang berbentuk limas dan berundak-undak.

 4)    Bidang Bahasa dan Aksara

Huruf Pallawa dan Bahasa Sanskerta yang ada dalam sejumlah prasasti kerajaan-kerajaan Nusantara menunjukkan bahwa pengaruh budaya India di Indonesia juga bersinggungan dengan aspek bahasa dan aksara. Selanjutnya penggunaan Aksara Pallawa tidak populer lagi, namun penggunaan Bahasa Sanskerta justru berlanjut dengan sangat pesat. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa kata atau frase Bahasa Indonesia yang sebetulnya berasal dari bahasa itu, misalnya Pancasila, Kartika Eka Paksi, Parasamya Purnakarya Nugraha, dan lain sebagainya.

5)  Bidang Sastra

Dalam bidang ini, pengaruh Hindu Budha di Indonesia tampak dalam karya sastra yang dikenal di Indonesia seperti Kitab Ramayana dan Mahabarata yang telah memperkaya khasanah epos dalam pewayangan Indonesia. Adanya kedua kitab itu juga memacu beberapa pujangga Nusantara untuk menghasilkan karyanya sendiri, seperti Empu Dharmaja dari kerajaan Kediri yang menyusun Kitab Smaradhahana, Empu Sedah dan Empu Panuluh dari kerajaan Kediri yang menelurkan karya Kitab Bharatayuda, Empu Tanakung yang membuat Kirab Lubdaka, Empu Kanwa yang memiliki karya Kitab Arjunawiwaha, Empu Triguna dengan Kitab Kresnayana-nya, Empu Panuluh yang menulis Kitab Gatotkacasraya, Empu Tantular yang membuat Kitab Kitab Sotasoma, dan Empu Prapanca yang masyhur dengan magnum opusnya yang berjudul Kitab Negarakertagama.

Silahkan isi ABSENSI pada link dibawah ini !

LINK ABSENSI 

 

 


115 comments:

  1. Nama:Rentina Hutauruk
    Kelas:X IPA 6
    Keterangan:Hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ingin Bertanya pak
      kenapa agama Hindu dan Budha di Indonesia sulit berkembang dibandingkan agama-agama lain?
      Terimakasih pak🙏

      Delete
    2. Sebenarnya bukan sulit berkembang...
      coba dilihat dari awal perkembangannya Hindu-Budha di Indonesia sangat pesat dari abad (ke 4 - 14 M).
      Namun semenjak masuknya pengaruh islam di Indonesia, Hindu-Budha pengaruhnya cenderung menurun, itu dikarenakan beberapa hal, cek lagi dipembahasannya dilink dibawah ini:
      https://yuliasmanofficial.blogspot.com/2021/01/jejak-awal-kemunduran-pengaruh-hindu.html

      Delete
  2. Nama: Syarifah Manzavira Elsa Putri
    Kelas: X IPA 6
    Keterangan:Hadir

    ReplyDelete
  3. Nama:Flora seacylya azzahra harahap
    Kelas:X IPA 6
    Keterangan:Hadir pak

    ReplyDelete
  4. Nama : Daniel Priyatna
    Kelas : X IPA 2
    Keterangan : Hadir

    ReplyDelete
  5. Nama:GILBERT BASA RIO SAMOSIR
    KELAS XIPA6
    KETERANGAN HADIR

    ReplyDelete
  6. Nama : Jhelvanest Butar Butar
    Kelas : X IPA 3
    Ket : Hadir

    ReplyDelete
  7. Nama: Mutia Hadiyanti
    Kelas: x IPA 4
    Ket: hadir

    ReplyDelete
  8. Nama: Aura Meiswa Maulita
    Kelas: X IPA 3
    HADIR

    ReplyDelete
  9. Nama : Rahmi safitri
    Kelas: X IPA 3
    Ket. : Hadir pak

    ReplyDelete
  10. Nama:Muhammad Harits Naufal Kurniawan
    Kelas: X IPA 4
    KETERANGAN HADIR

    ReplyDelete
  11. Nama: Sonya Kristina Silitonga
    Kelas: X IPA 2
    Ket: Hadir

    ReplyDelete
  12. Nama: Winny Efrilia S
    Kelas: X IPA 3
    Keterangan: Hadir

    ReplyDelete
  13. Nama Adetya Fitra Yani
    Kelas X IPA 6
    Ket Hadir

    ReplyDelete
  14. Diven nikel
    X IPA 1

    Pertanyaan:
    1.siapa kah yg pertama kali mencetuskan tentang agama budha?
    4.apa yg di maksud dengan paria?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Diven Nikel:ada 2 pertanyaan
      1. yang pencetus tentang agama Budha ?
      secara historis agama Budha masih mempunyai kaitan erat dengan agama pendahulunya, yaitu agama Hindu. Pembawa ajaran agama ini adalah Sindharta Buddha Gautama, yang sebelum memperoleh pencerahan merupakan seorang pangeran kerajaan Maghada dan pemeluk agama Hindu.

      2. paria itu orang2 yang tidak memiliki kasta, derajatnya dibawah kasta terendah dalam masyarakat Hindu.

      Delete
  15. Nama : Fadhilah Apriany ibrahim
    Kelas : X IPA 5
    KETERANGAN HADIR

    ReplyDelete
  16. Nama : Jelitha Betsyeba Simanjuntak
    Kelas : X IPA 3
    Keterangan : Hadir

    ReplyDelete
  17. Nama: Shofi Azahra
    Kelas: X IPA 2
    Ket: Hadir

    ReplyDelete
  18. Nama: Muhammad Farid Al Faruq
    Kelas : X IPA 4
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  19. Nama:Rawnanda Nurhasanah
    Kls: X IPA 6
    Ket:hadir

    ReplyDelete
  20. Mama:Abel Morales Simamora
    Kelas:X IPA 6
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  21. Nama: Giska Maulidina Resky Ersaputri
    Kelas: X IPA 5
    Ket: Hadir

    ReplyDelete
  22. Nama:KASIH JEMIMA
    Kelas:X IPA 3
    Ket:HADIR

    ReplyDelete
  23. Nama=Indriani Pratiwi
    Kelas=X IPA 6
    Keterangan=Hadir

    ReplyDelete
  24. Nama:Jhon Freclin Joy Sinaga
    Kelas:X IPA 4
    Ket: HADIR

    ReplyDelete
  25. Nama: Jelita agnesia Purba
    Kelas : X IPA 4
    KET : HADIR

    ReplyDelete
  26. Nama=Fahmi Harkat
    Kelas:X Ipa 4
    Keterangan:Hadir

    ReplyDelete
  27. Nama : Dwi Nur Vania
    Kelas: X IPA 6
    Ket: Hadir

    ReplyDelete
  28. Nama: Choirul Arifin Nasir
    Kelas:X ipa 4
    Keterangan:hadir

    ReplyDelete
  29. Nama: Krisdayanti dornauli malau
    Kelas:X IPA 3
    Keterangan: Hadir

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Nama: Muhammad Agung Syaputera
    Kelas: X IPA 1

    Izin bertanya pak
    Dari sumber-sumber yang saya baca Pak, agama Hindu dan Budha telah masuk lebih awal ke Indonesia dibandingkan dengan agama-agama lain. tapi kenapa agama Hindu dan Budha di Indonesia sulit berkembang dibandingkan agama-agama lain, padahal agama Hindu dan Buddha lebih dulu berkembang daripada agama-agama lain di Indonesia ini?
    Sekian terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Agung..
      benar agama Hindu-Budha secara Historis duluan masuk & berkembang di nusantara, namun setelah masuk dan berkembangnya pengaruh Islam, pengaruhnya mulai menurun, itu dikarenakan salah satunya proses Islamisasi di nusantara raja-rajanya menjadi penganut agama islam, dan masyarakatnya jg pindah menganut islam, kemudian ada sebab2 lain diantaranya, mengapa Islam bisa cepat berkembang di nusantara:
      1. Syarat untuk masuk agama Islam sangatlah mudah. Seseorang hanya butuh mengucapkan kalimat syahadat untuk bisa secara resmi menganut agama Islam
      2. Agama Islam tidak mengenal system pembagian masyarakat berdasarkan kasta. Dalam ajaran agama Islam tidak dikenal adanya berbedaan golongan dalam masyarakat. Setiap anggota masyarakta mempunyai kedudukan yang sama sebagai hamba Allah SWT.
      3. Penyebaran agama Islam dilakukan dengan jalan yang relative damai (tanpa melalui kekerasan).
      4. Sifat bangsa Indonesia yang ramah tamah member peluang untuk bergaul lebih erat dengan bangsa lain. Di dalam pergaulan yang erat itu kemudian terjadi saling mempengaruhi dan saling pengertian.
      5. Upacara-upacara keagamaan dalam Islam lebih sederhana.

      Delete
  32. Nama:Eva Juniarta Siregar
    Kelas:X IPA 4

    pertanyaan:
    1.Bahasa apa yg digunakan dalam menyebarkan agama Hindu/Buddha,mengingat para penyebar agama tsb berasal dri luar nusantara yaitu India?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bai eva,,,,
      Bahasa sanksekerta.
      karena Tulisan dalam prasasti dan bangunan keagamaan Hindu yang ditemukan di Indonesia berasal dari bahasa Sansekerta yang hanya digunakan oleh Kaum Brahmana dalam kitab-kitab Weda dan upacara keagamaan.

      Delete
  33. Nama:Eva Juniarta Siregar
    Kelas:X IPA 4

    pertanyaan:
    1.Bahasa apa yg digunakan dalam menyebarkan agama Hindu/Buddha,mengingat para penyebar agama tsb berasal dri luar nusantara yaitu India?

    ReplyDelete
  34. Nama : NURUL FALAH
    Kelas : X IPA 2
    Ket : HADIR

    ReplyDelete
  35. Nama : Daniel syah hendrawan siregar
    Kelas: X IPA 2
    Ket : Hadir

    ReplyDelete
  36. Nama : Irene Elisa Sefiola Aruan
    Kelas : X IPA 4
    Ket : Hadir, Pak

    ReplyDelete
  37. Nama : Reza Fernanda P
    Kelas : X IPA 6
    Hadir

    ReplyDelete
  38. Nama : Ayuning Rizki Siswanto
    Kelas: X IPA 6
    Ket : Hadir pak

    ReplyDelete
  39. Nama : Anastasya Putri Amanda
    Kelas : X IPA 4
    Ket : Hadir

    ReplyDelete
  40. Nama:Risma Khairani HRP
    Kelas:XIPA3
    Ket:Hadir pak

    ReplyDelete
  41. Izin bertanya pak
    *Hal apaa yang mengawali penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia menurut teori sudra ?

    Jhelvanest Butar Butar
    X IPA 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jhelvanest...
      Orang India berkasta Sudra (pekerja kasar) menginginkan kehidupan yang lebih baik daripada mereka tinggal menetap di India sebagai pekerja kasar bahkan tak jarang mereka dijadikan sebagai budak para majikan sehingga mereka pergi ke daerah lain bahkan ada yang sampai ke Indonesia.
      Orang berkasta sudra yang berada pada kasta terendah di India tidak jarang dianggap sebagai orang buangan sehingga mereka meninggalkan daerahnya pergi ke daerah lain bahkan keluar dari India hingga ada yang sampai ke Indonesia agar mereka mendapat kedudukan yang lebih baik dan lebih dihargai.

      Delete
  42. ALFA RIDA CORIN MANULLANG
    X ipa 3 hadir
    Saya ingin bertanya pak
    1.Dari sumber lain yg saya baca,datangnya
    agama Buddha Hindu pasti membuat terjadinya
    Alkuturasi atau percampuran 2 atau lebih kebudayaan.Nah apa saja sii pak bentuk contoh perwujudan dari alkuturasi yg terjadi dari datangnya buddha hindu pak.Terimakasih pak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik alfarida...
      banyak wujud akulturasi kebudayaan di nusantara.
      Beberapa hasil akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dengan Kebudayaan Nusantara seperti sebagai berikut.
      1. Seni Bangunan
      seperti Candi yang ada di Pulau Jawa tepatnya Magelang, Jawa Tengah, yakni Candi Borobudur.
      2. Seni Rupa dan Seni Ukir
      Misalkan seperti Relief yang dipahat pada dinding-dinding pagar langkan di Candi Borobudur yang berupa pahatan riwayat sang Buddha.
      3. Seni Pertunjukan
      Macam-macam gamelan itu sendiri dapat dikelompokkan dalam :
      4. Seni Sastra dan Seni Aksara
      1. Tutur (Pitutur kitab keagamaan)
      2. Kitab hukum
      3. Wiracarita (Kepahlawanan
      Cerita di dalam pertunjukan wayang ini berasal dari India, akan tetapi, wayangnya asli berasal dari Indonesia.
      5. Sistem Kepercayaan
      Masuknya pengaruh India kepercayaan terhadap roh halus tidak punah. Misal, dapat dilihat di dalam fungsi candi. Fungsi candi di India adalah sebagai salah satu tempat pemujaan.
      6. Sistem Pemerintahan
      Setelah datangnya India di Indonesia, dikenal sistem pemerintahan yang sederhana.
      7. Arsitektur
      Bangunan keagamaan berupa candi sangat dikenal pada masa Hindu Budha.
      Bangunan suci berundak itu sebenarnya telah berkembang dengan subur pada zaman pra aksara, sebagai penggambaran dari alam semesta yang bertingkat. Tingkat paling atas merupakan tempat semayam para roh nenek moyang. Punden berundak itu menjadi sarana khusus persembahyanagan dalam rangka pemujaan terhadap roh nenek moyang.

      Delete
  43. Elvan Yohanes Gultom
    X IPA 4
    Hadir

    ReplyDelete
  44. Widi Prasetiwi - X IPA 3

    Pertanyaan: apa yang dilakukan oleh para teori sehingga bisa menyebarkan agama dan kebudayaan hindu-buddha di Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. widi..pertanyaanmu lebih terperinci lagi,
      para teori maksudnya apa?

      Delete
  45. Nama: Lola elya julyanty simanjuntak
    Kelas : X ipa 3
    Keterangan : hadir

    Pertanyaan
    1. Apa saja bukti masuknya agama hindu-budha di indonesia?

    2. Adakah dampak atau pengaruh yg di timbulkan dari masuknya agama hindu-budha ke indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lola, banyak sekali:

      Pertanyaan ke-1, banyak sekali buktinya, adanya banyak ditemukan prasasti2 di nusantara, bangunan2 candi dll.

      Pertanyaan yg ke-2, dampak pengaruh masuknya kebudayaan Hindu-Buddha
      1. Seni Bangunan
      seperti Candi yang ada di Pulau Jawa tepatnya Magelang, Jawa Tengah, yakni Candi Borobudur.
      2. Seni Rupa dan Seni Ukir
      Misalkan seperti Relief yang dipahat pada dinding-dinding pagar langkan di Candi Borobudur yang berupa pahatan riwayat sang Buddha.
      3. Seni Pertunjukan
      Macam-macam gamelan itu sendiri dapat dikelompokkan dalam :
      4. Seni Sastra dan Seni Aksara
      1. Tutur (Pitutur kitab keagamaan)
      2. Kitab hukum
      3. Wiracarita (Kepahlawanan
      Cerita di dalam pertunjukan wayang ini berasal dari India, akan tetapi, wayangnya asli berasal dari Indonesia.
      5. Sistem Kepercayaan
      Masuknya pengaruh India kepercayaan terhadap roh halus tidak punah. Misal, dapat dilihat di dalam fungsi candi. Fungsi candi di India adalah sebagai salah satu tempat pemujaan.
      6. Sistem Pemerintahan
      Setelah datangnya India di Indonesia, dikenal sistem pemerintahan yang sederhana.
      7. Arsitektur
      Bangunan keagamaan berupa candi sangat dikenal pada masa Hindu Budha.
      Bangunan suci berundak itu sebenarnya telah berkembang dengan subur pada zaman pra aksara, sebagai penggambaran dari alam semesta yang bertingkat. Tingkat paling atas merupakan tempat semayam para roh nenek moyang. Punden berundak itu menjadi sarana khusus persembahyanagan dalam rangka pemujaan terhadap roh nenek moyang.


      Delete
  46. Nama:Viescha Leonysa.s
    Kelas: X IPA 5
    KET: HADIR PAK

    ReplyDelete
  47. Nama: Iffando Darmansyah
    Kelas: X IPA 2
    Ket: Hadir

    Pertanyaan: Apakah ada penghambat ketika budaya Hindu-Buddha masuk ke Nusantara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya ada, karena dari tradsi lama ke tradsi baru pasti ada suatu gejolak, terutama masalah bahasa

      Delete
  48. Nama : Joel Ivan Fredric Warouw
    Kelas: X IPA 2
    Pertanyaan:
    1.Di Indonesia,penyebaran agama Hindu-Buddha berkembang pesat di daerah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya didaerah mana perkembangannya sangat pesat?
      hampir seluruh nusantara, bahkan dinegara tetangga

      Delete
  49. Nama: Nurul Hafiza
    kelas: X IPA5
    Saya ingin bertanya pak.
    Dari sumber lain yang saya baca pak,disitu disebutkan bahwa masing masing teori memiliki kelemahan nya masing masing,pertanyaan saya apakah kelemahan dari masing masing teori tersebut pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nurul silahkan kunjungi link ini, jawabannya tersedia

      https://yuliasmanofficial.blogspot.com/2021/01/kelebihan-dan-kelemahan-teori-masuknya.html

      Delete
  50. Nama:Daniel Ignatius Aritonang
    Kelas: X Ipa 3
    Keterangan: Hadir

    Pertanyaan
    1. Apakah dampak/pengaruh dari masuknya Agama Hindu-Budha ke Indonesia?
    2. Apa yg dilakukan oleh para teori sehingga Agama Hindu-Budha bisa masuk ke Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa dampaki antara kebudayaan Hindu-Buddha dengan Kebudayaan Nusantara seperti sebagai berikut.
      1. Seni Bangunan
      seperti Candi yang ada di Pulau Jawa tepatnya Magelang, Jawa Tengah, yakni Candi Borobudur.
      2. Seni Rupa dan Seni Ukir
      Misalkan seperti Relief yang dipahat pada dinding-dinding pagar langkan di Candi Borobudur yang berupa pahatan riwayat sang Buddha.
      3. Seni Pertunjukan
      Macam-macam gamelan itu sendiri dapat dikelompokkan dalam :
      4. Seni Sastra dan Seni Aksara
      1. Tutur (Pitutur kitab keagamaan)
      2. Kitab hukum
      3. Wiracarita (Kepahlawanan
      Cerita di dalam pertunjukan wayang ini berasal dari India, akan tetapi, wayangnya asli berasal dari Indonesia.
      5. Sistem Kepercayaan
      Masuknya pengaruh India kepercayaan terhadap roh halus tidak punah. Misal, dapat dilihat di dalam fungsi candi. Fungsi candi di India adalah sebagai salah satu tempat pemujaan.
      6. Sistem Pemerintahan
      Setelah datangnya India di Indonesia, dikenal sistem pemerintahan yang sederhana.
      7. Arsitektur
      Bangunan keagamaan berupa candi sangat dikenal pada masa Hindu Budha.
      Bangunan suci berundak itu sebenarnya telah berkembang dengan subur pada zaman pra aksara, sebagai penggambaran dari alam semesta yang bertingkat. Tingkat paling atas merupakan tempat semayam para roh nenek moyang. Punden berundak itu menjadi sarana khusus persembahyanagan dalam rangka pemujaan terhadap roh nenek moyang.


      Delete
  51. Nama : Jingga Syahbana
    Kelas : X IPA 3
    keterangan : hadir

    ReplyDelete
  52. Nama: emaylin christine debora simatupang
    Kelas:X IPA 6
    Ket:hadir
    Pertanyaan:
    1.kaum Indonesia yang menjadi pemeluk agama Hindu disebut?
    2.mengapa kastra sudra datang ke Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emalyn,,
      Semua orang yang ada pada kasta Sudra pasti ingin memperbaiki hidup, salah satu caranya adalah pergi ke tempat lain seperti Indonesia

      Delete
  53. Assalamualaikum,selamat pagi pak🙏
    Saya Indriani Pratiwi
    Dari kelas X IPA 6

    Maaf pak,saya Indriani Pratiwi mau bertanya mengenai materi masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu dan Budha🙏

    Pertanyaan✍️
    1.)
    Dalam persebaran agama Hindu Budha terdapat peran dari penyebaran agama Hindu Budha dari raja Balaputradewa dari kerajaan Sriwijaya terdapat dalam Teori arus balik.
    Apakah pak, ada hubungan kerajaan Sriwijaya juga dengan penyebaran agama Hindu Budha dari Teori Waisak (perdagangan)di karenakan kerajaan Sriwijaya yang menguasai dua perairan laut penting di Indonesia ?


    2.)
    Pada persebaran agama Hindu Budha juga di pengaruhi dari perdagangan terutama Laut.
    Apakah Perdagangan pada Masa masa sekarang yaitu seperti ekspor dan Impor juga Di pengaruhi dari contoh perdagangan saat pesebaran agama Hindu Budha pak?

    Sekian pertanyaan saya
    Jika ada salah Mohon maaf🙏
    Terimakasih 🙏




    ReplyDelete
    Replies
    1. baik Indriani Pratiwi, ada 2 pertanyaan:
      1. Pada masa raja balaputradewa yg sebagai penganut Agama Budha yang merupakan Raja Besar Dikerajaan Sriwijaya yg mana pada masa beliau, Perkembangan agama Budha luar biasa pesatnya, jadi klau dikaitkan dgn teori waisya..itu tdak mungkin, karena agama Budha sdah jauh berkembang sebelum beliau menjadi raja, peran beliau hanya melanjutkan peranan raja2 sebelumnya untuk memajukan agama Buddha, terbukti Sriwijaya sebagai kerajaan besar yg memiliki pendidikan khusus untuk mengajarkan Agama Budha, jadi banyak para pengajar yg dikirim ke India sebelum mengajar di Sriwijaya

      2. Sistem perdagangan sekarang dgn Zaman dulu jauh berbeda, kalau sekarang dgn perjalanan hari para pedagang bisa pulang pergi dari 1 daerah kedaerah lain, 1 negara ke negara lain, beda dengan dahulu perdagangan Klasik dgn jalur laut yang notabene sulit dijangkau, untuk menuju daerah tujuan butuh waktu lama dan menetap di daerah tujuan dagangannya jg lama, sehingga ada interaksi dgn masyarakat setempat serta ada saling tukar budaya, adanya perkawinan silang antara pedagang dan orang pribumi yang nantinya saling mempengaruhi tradisi

      Delete
  54. Eirene kristine
    X Ipa 3
    pertanyaan : mengapa stratifkasi sosial harus dibagi menjadi beberapa kasta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangsa Arya menganggap ia lebih tinggi derajatnya dibanding bangsa Dravida, sehingga muncullah kasta2, dimana bangsa Arya menduduki kasta atas,sedangkan bangsa dravida menduduki kasta bawah

      Delete
  55. Nama: Jihan Nur Annisa
    Kelas: X IPA 4
    Keterangan: Hadir


    Pertanyaan:
    Siapakah yang pertama kali memperkenalkan Bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa di Indonesia?
    Dan bagaimanakah Bahasa Sanskerta bisa mempengaruhi Bahasa Nusantara?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  56. Elsaday Yonima Simanjuntak
    X IPA 6
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  57. Endang Trisnawati Br Nainggolan
    X IPA 2
    Hadir pak

    ReplyDelete
  58. Nama : Anisa Putri Dewiyanti
    Kelas : x IPA 2
    PERTANYAAN :
    Bagaimana respon masyarakat India ketika pengelompokan masyarakat berubah menjadi kasta karena pengaruh bangsa arya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangsa Arya memiliki aturan pokok dalam sistem kemsayarakatan mereka, dikenal dengan istilah varna, atau sistem kasta.
      Kebudayaan baru yang dibawa oleh bangsa Arya ke India tidak serta mereta diterima begitu saja oleh masyarakat yang sebelumnya sudah tinggal di sana. Pertempuran demi pertempuran dilakukan untuk mempertahankan kebudayaan lama yang sebelumnya sudah berkembang sangat lama. Namun bangsa Arya memiliki kekuatan dan pengetahuan lebih baik dibandingkan bangsa Dravida, sehingga mereka dapat dengan cepat menghentikan peperangan, dan mulai membangun pengaruh mereka dengan cepat ke seluruh penjuru India. Ketika bangsa Arya berkuasa, kebudayaan di India berkembang sangat pesat, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, sistem sosial, dan karya sastra.

      Delete
  59. AGNES MONICA HUTAGALUNG
    X IPA 3
    HADIR PAK

    Saya mau nanyak nih pak
    Mengapa para brahmana pantang menyebrangi lautan, sedangkan mau ke Indonesia pastinya harus menyebrangi lautan pak?

    terimakasih sebelumnya pak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. di india ada peraturan bahwa seorang brahmana tidak boleh keluar dari negerinya, Brahmana adalah kasta paling tinggi dalam Hindu.

      Menurut ajaran Hindu kuno seorang Brahmana dilarang untuk menyeberangi lautan apalagi meninggalkan tanah airnya. Jika ia melakukan hal tersebut maka ia akan kehilangan hak akan kastanya.

      Delete
  60. Nama: yolivia Pratiwi
    Kelas:X IPA 5
    Ket:Hadir pak

    ReplyDelete
  61. Muhammad Faiq Fadli
    X IPA 2
    Hal-hal apa yang menyebabkan agama Hindu dan Budha dapat diterima sehingga masyarakat melepaskan kepercayaan lamanya(animisme/dinamisme?

    ReplyDelete
    Replies
    1. M. Faiq..
      Pada awal interaksi menurut catatan sejarah tidak bgtu bisa diterima pasti ada waktu untuk bisa menerima suatu ke kebudayaan baru, adanya interaksi yang cukup lama untuk bisa menerima budaya baru

      Delete
  62. Nama: Widya Putra
    Kelas: X IPA 2

    Izin bertanya pak:
    Dari pengaruh dibidang bahasa, bagaimana ya pak bahasa sansekerta pada zaman Hindu-Buddha bisa berkembang menjadi bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari hari pada saat ini? Perkembangan nya itu bagaimana ya pak?
    Sekian terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Widya...
      Bahasa Sansekerta dibawa ke negara kita sekitar abad 1 M dan penggunaan bahasa ini hanya sebatas dikalangan kerajaan saja. Hal itu digunakan untuk membuat fatwa raja ataupun kisah atau kejadian penting yang terjadi saat itu yang diabadikan dalam prasasti ataupun daun lontar.Banyak prasasti yang ditemukan memiliki tulisan yang menunjukkan bahwa prasasti tersebut dibuat sekitar pada abad ke 5. Prasasti dengan bahasa Sansekerta banyak ditemukan pada bekas kerajaan Kutai di Kalimantan, Sriwijaya di Sumatera, ditanah Sunda dan dikawasan Jawa Timur.Bahasa Sansekerta sudah ditinggalkan bangsa Indonesia sejak abad 14 karena masyarakat pada umumnya menggunakan bahasa Melayu. Selain itu disetiap daerah atau propinsi sudah memiliki bahasa sendiri, namun bahasa tersebut masih ada kata-kata yang diambil dari bahasa Sansekerta.Bahasa Melayu kuno dan bahasa-bahasa daerah diIndonesia memang banyak yang mengambil kosakata dari bahasa Sansekerta. Namun kosa kata bahasa Sansekerta yang masih kental sampai saat ini dan menjadi bahasa yang paling banyak mengambil dari Sansekerta adalah bahasa Jawa.

      Delete
  63. Nama:Aura Meiswa Maulita
    Kelas: X IPA 3
    Assalamualaikum,selamat pagi pak,saya mau bertanya,bentuk sistem politik dan pemerintahan pada masa masuk nya Hindu Buddha ke Indonesia Itu bagaimana sih pak?maksudnya dari segi pembahasan masalah nya,atau bentuk sanksi/hukuman Dari pelanggaran yang dilakukan ,begitu pak.
    Terima kasih sebelum nya pak🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam...
      Jauh sebelum adanya pengaruh Hindu-Budha di Nusantara, kita hanya mengenal sistem Primus interperes, suatu daerah dikepalai oleh kepala suku, belum mengenal istilah kerajaan
      Setelah masuknya pengaruh Hindu-Budha yg dibawa oleh orang-orang India ke Nusantara, mereka mengenai kan sistem kerajaan yg sistematis hampir sama dgn di India, namun adanya perpaduan antara tradisi kebudayaan Nusantara sebelum Hindu-Buddha ada

      Delete
    2. Baik pak,terima kasih banyak bapak...

      Delete
  64. Nama: Delvy Lim
    Kelas:x IPA 5
    Ket: Hadir pak

    ReplyDelete
  65. Dzubyan athasyah Muhammad
    X IPA 3
    Hadir

    ReplyDelete
  66. Selamat Pagi Pak
    Nama : Grace Ade Christy. S
    Kelas : X IPA 1

    Saya izin bertanya mengenai materi "Teori Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia
    1. Mengapa Teori Brahmana yang menjelaskan tentang masuknya agama Hindu ke Indonesia dianggap paling kuat dan sesuai dengan bukti bukti yang ada?

    Sekian pertanyaan dari saya
    Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan
    Terima Kasih🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya yg kuat itu Antara waisya & brahmana.
      Klau teori brahmana dinyatakan kuat, karena dari banyak nya penemuan prasasti di Nusantara yg bertuliskan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta, karena diindia hanya kaum brahmana yang menguasai bahasa & tulisan tersebut

      Delete
  67. Sovy Fitria Nuraini
    X IPA 4
    Hadir

    ReplyDelete
  68. Aqila Fathinah Yumna
    X ipa 2
    Hadir

    ReplyDelete
  69. Nama:Nita Angelina Vesa Purba
    Kelas:X IPA 3
    Hadir pak🙏

    ReplyDelete
  70. Stefy aprilian
    X IPA 1
    Hadir pak

    ReplyDelete
  71. Nama : Rania Zefanya Sirait
    Kelas : 10 IPA 2
    Pertanyaan : bagaimana cara para waisya menyebarkan agama Hindu Budha padahal mereka tidak menguasai bahasa Sansekerta? apa bukti yang menunjukkan bahwa teori waisya itu benar benar terjadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut teorinya para kaum waisyalah yang banyak melakukan aktivitas perdagangan ke Nusantara dgn banyaknya ditemukan pelabuhan-pelabuhan laut dan sekarang ada beberapa kampung2 atau daerah yang ada beberapa keluarga yg turun temurun keturunan india

      Delete
  72. Nama :Darweni Harefa
    Kelas :X IPA 5
    Hadir pak

    ReplyDelete
  73. Nama: Naila salsabila ramadhani
    Kelas: x ipa 4
    Assalamualaikum pak saya mau bertanya saat menyebarkan agama hindu budha teori2 tersebut memang benar2 terjadi atau itu hanya menurut pendapat masing2 dari mereka saja? Terima kasih pak🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam...
      Yg namanya teori itu merupakan pendapat para ahli, yang mana para ahli ini telah melakukan penelitian terhadap apa yang mereka lakukan

      Delete
  74. nadinetrsg@gmail.com5 January 2021 at 12:55

    Nama:Nadine Teresion
    Kelas:X IPA 4
    Ket:Hadir

    ReplyDelete
  75. Nama:Queency Dhealya S
    Kelas:X IPA 4
    Pertanyaan:Mengapa raja Balaputradewa dari Sriwijaya tidak meminta kepada pihak lain melainkan meminta kepada raja di India untuk membangun Vihara sebagai tempat menimba ilmu pelajar-pelajar di Sriwijaya?
    Sekian terimakasih Pak����

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena awal daerah asal budha sendiri dari india, sehingga yg paham agamna budha kala itu ya orang2 India

      Delete
  76. Nama : Emiya Rehulina Ginting
    Kelas : X IPA 6
    Saya ingin bertanya pak,
    1.Dalam teori waisya dijelaskan bahwa pedagang india dianggap telah memperkenalkan
    kebudayaan hindu-buddha pada masyarakat lokal pada saat
    melakukan aktivitas perdagangan,bagaimana contoh cara mereka
    memperkenalkan kebudayaan nya tersebut?apakah dengan menjelaskan tentang kitab
    suci mereka atau bagaimana?
    2.Dalam teori ksatria,penguasa kerajaan” yang kalah perang melarikan diri
    kenusantara,apa yang terjadi pada penguasa” tersebut ketika melarikan diri
    ke nusantara?

    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Perdagangan zaman dahulu jauh berbeda dengan saat ini, untuk menuju tempat tujuan membutuhkan waktu yang lama, untuk menunggu hasil dagangannya laku/habis menunggu waktu yang lama, dan jika habis pun mereka jg lama menunggu kapal dgn tujuan kedaerahannya atau ke negaranya, jadi selama proses perdagangan banyak waktu yg berbulan-bulan sehingga ada interaksi yg luar biasa antar pedagang & pribumi, disitulah para pedagang mengenalkan tradisi & kebudayaan mereka bahkan banyak yang menikahi para gadis pribumi sehingga adanya silang budaya.

      2.Menurut teorinya para kaum ksatria inilah yang mendirikan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu

      Delete
  77. Ferdi Daniel Fajar Butar Butar
    X IPA 2
    Hadir pak

    1. Bagaimana pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia dalam bidang ekonomi dan pendidikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin banyaknya para pedagang India & cina ke Nusantara semakin banyak perputaran uang atau barang yang semakin meningkatkan perekonomian kala itu

      Delete
  78. Only Mayori Paulina sianturi
    X IPA 5
    Hadir pak
    Maaf telat hp saya di bawa ortu tdi pak

    ReplyDelete
  79. Nama : Chintya Winda Viviana Purba
    Kelas: X IPA 4

    Pertanyaan:
    1.Apakah ada bukti yang dapat menguatkan
    teorii arus balik?...

    2.jika ada,apakah Teori tersebut memiliki
    sanggahann seperti teori yang lainnya?...

    Terimakasih pak🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dibaca di link ini:

      https://yuliasmanofficial.blogspot.com/2021/01/kelebihan-dan-kelemahan-teori-masuknya.html#comment-form

      Delete
  80. Nama : Fitria Halimatus Sa`diyah
    Kelas : X IPA 2

    Pertanyaan : didalam teori arus balik dikatakan bahwa orang indonesia datang ke india karena suatu urusan penting. apakah urusan penting tersebut?

    sekian, terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitria..
      beberapa catatan ada yang mengatakan urusan perdagangan, ada yang mengatakan urusan belajar

      Delete

KONSEP DASAR SEJARAH

Asal Kata dan Arti Kata serta Istilah Sejarah Dari manakah asal kata sejarah itu? Perkataan sejarah mula-mula berasal dari bahasa Arab “syaj...

Postingan Populer